RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA KELAS X SEMESTER II
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMA
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / 2
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit ( 1
x pertemuan )
StandarKompetensi : 3.
Memahami manfaat keanekaragaman
hayati.
Kompetensi Dasar
: 3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem
melalui
kegiatan pengamatan.
Indikator : 1.
Mengidentifikasi keanekaragaman gen dan jenis makhluk hidup.
1.
Merumuskan konsep keseragaman dan keberagaman.
2.
Membandingkan ciri keanekaragaman tingkat gen, jenis
dan ekosistem.
3.
Menjelaskan faktor yang menentukan keanekaragaman
ekosistem.
A.
Tujuan Pembelajaran.
1. Setelah melakukan studi literatur, siswa dapat
mengidentifikasi keanekaragaman gen dan jenis makhluk
hidup dengan benar.
2. Setelah melakukan diskusi, siswa dapat
merumuskan konsep keseragaman dan keberagaman makhluk
hidup dengan benar.
3. Setelah melakukan
pengamatan, siswa dapat membandingkan ciri keanekaragaman tingkat gen, jenis
dan
ekosistem dengan benar.
4. Setelah melakukan diskusi,
siswa dapat menjelaskan faktor yang menentukan keanekaragaman ekosistem
dengan benar.
B.
Materi Pembelajaran.
- Konsep keseragaman dan keberagaman.
- Macam – macam keanekaragaman hayati.
- Faktor terbentuknya keanekaragaman
genetik, jenis dan ekosistem.
C.
Metode / Model Pembelajaran.
1. Diskusi.
2. Studi literatur.
3. Penugasan.
4. Observasi
D.
Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran.
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Guru 1
|
Guru 2
|
Siswa
|
Waktu
|
Awal
|
Apersepsi :
- Menyampaikan topik,
tujuan serta metode
yang digunakan
dalam pembelajaran.
- Sebutkan macam
tumbuhan atau hewan
yang ditemukan di
lingkungan sekolah!
Motivasi :
Apa perbedaan dan persamaan kelapa dan aren serta kelapa hijau dan
kelapa gading ?
|
- Salam dan mengecek
kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
siswa.
- Membagi siswa
menjadi 8 kelompok.
- Memotivasi siswa
menjawab pertanyaan
dari guru.
|
- Menjawab salam.
- Mencermati topik,
tujuan serta metode
pembelajaran
yang disampaikan
guru.
- Menjawab pertanyaan
yang disampaikan
guru.
|
10 menit
|
Kegiatan
|
Guru 1
|
Guru 2
|
Siswa
|
Waktu
|
Inti
|
- Menyampaikan materi
secara umum.
- Meminta siswa
melakukan observasi
di lingkungan sekolah.
- Memandu dan
memantau siswa
selama pengamatan.
- Mengklarifikasi hasil
presentasi.
|
- Mengkondisikan
kelas.
- Membagikan LKS.
- Memandu dan
memantau siswa
selama pengamatan.
- Memberikan penilaian
afektif dan
psikomotor.
|
- Mencermati materi
yang disampaikan
guru.
- Mendata makhluk
hidup yang
menunjukkan
keanekaragaman gen
dan spesies yang ada
di lingkungan sekolah.
- Mempresentasikan
hasil pengamatan.
|
|
Penutup
|
- Bersama siswa
membuat kesimpulan.
Tugas terstruktur:
Catatlah makhluk
hidup di sekeliling
rumah kalian yang
menunjukkan
keanekaragaman gen,
spesies dan ekosistem
|
- Memberikan
penguatan.
- Salam penutup.
|
- Menyusun
kesimpulan.
- Menjawab salam.
|
|
E. Sumber Belajar
1. Pratiwi dkk,
2007, Biologi X, Erlangga, Jakarta, hal.112 - 116
Sudjadi, B dan Laila, S , 2004, Biologi
Sains Dalam Kehidupan, Yudhistira, Surabaya, hal. 64 – 69.
2. LKS
3. Diktat
Media Pembelajaran :
LCD, laptop, power point, alat tulis, papan
tulis, lingkungan sekolah, lingkungan sekitar rumah.
F.
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
a.Tes tertulis.
b. Tugas
terstruktur.
c. Tugas mandiri
terstruktur.
b. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
b. Uraian.
c. Pengamatan
sikap.
d. Penilaian
psikomotor.
c. Instrumen
(Instrumen dan pedoman penilaian).
Penilaian kognitif
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMA
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / 2
Alokasi
Waktu : 4 x 45 menit ( 2
x pertemuan )
StandarKompetensi : 3.
Memahami manfaat keanekaragaman
hayati.
Kompetensi Dasar
: 3.2 Mengkomunikasikan
keanekaragaman hayati Indonesia dan usaha
pelestarian serta pemanfaatan sumber daya
alam.
Indikator
: 1. Menjelaskan pola sebaran hewan dan tumbuhan Indonesia.
2. Menunjukkan organisme bermasalah
yang menjadi kekayaan Indonesia.
3. Menunjukkan ciri khas hutan hujan
tropis Indonesia.
4. Menggali informasi dari berbagai sumber
tentang usaha pelestarian
keanekaragaman hayati di
Indonesia.
A. Tujuan Pembelajaran .
1. Setelah melakukan studi literatur, siswa dapat menjelaskan pola
sebaran hewan dan tumbuhan Indonesia
dengan benar.
2. Setelah melakukan diskusi, siswa dapat menunjukkan organisme
bermasalah yang menjadi kekayaan
Indonesia dengan benar.
3. Setelah melakukan diskusi, siswa dapat menunjukkan ciri khas hutan hujan tropis Indonesia dengan
benar
4.Setelah melakukan studi literatur, siswa dapat menjelaskan usaha
pelestarian keanekaragaman hayati di
Indonesia dengan benar.
B. Materi Pembelajaran.
1. Ciri khas keanekaragaman hayati Indonesia.
2. Manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan.
3. Usaha pelestarian keanekaragaman hayati.
C. Model / Metode
Pembelajaran.
1. Diskusi.
2. Studi literatur.
3. Tanya jawab.
4. Penugasan.
D. Langkah – langkah
Pembelajaran.
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Guru 1
|
Guru 2
|
Siswa
|
Waktu
|
Awal
|
Apersepsi :
- Menyampaikan topik,
tujuan serta metode
yang digunakan
dalam pembelajaran.
- Berikan contoh
makhluk hidup yang
menunjukkan
keanekaragaman gen
dan spesies !
Motivasi :
Sebutkan contoh flora dan fauna yang sudah langka !
|
- Salam dan mengecek
kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
siswa.
- Memotivasi siswa
menjawab pertanyaan
dari guru.
|
- Menjawab salam.
- Mencermati topik,
tujuan serta metode
pembelajaran
yang disampaikan
guru.
- Menjawab pertanyaan
yang disampaikan
guru.
|
10 menit
|
Kegiatan
|
Guru 1
|
Guru 2
|
Siswa
|
Waktu
|
Inti
|
- Menyampaikan
konsep keanekara –
gaman hayati di
Indonesia serta
pemanfaatannya.
- Menyuruh siswa
berdiskusi dengan
teman sebangku dan
mencatat hal-hal yang
kurang jelas.
- Mengklarifikasi
jawaban siswa.
|
- Mengkondisikan
siswa.
- Memotivasi dan
membantu siswa yang
mengalami kesulitan.
- Memantau jalannya
diskusi.
|
- Menyimak dan
memperhatikan yang
disampaikan guru.
- Membaca diktat atau
buku serta mencatat
materi yang kurang
jelas.
- Membacakan
pertanyaan dan siswa
yang lain mencoba
menjawab.
|
70 menit
|
Penutup
|
- Membuat kesimpulan
bersama siswa.
Tugas terstruktur :
Datalah flora dan
fauna yang tergolong
langka !
|
- Memberikan
penguatan.
- Salam penututp.
|
- Membuat kesimpulan
dari materi yang telah
dipelajari.
|
10 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Guru 1
|
Guru 2
|
Siswa
|
Waktu
|
Awal
|
Apersepsi :
- Menyampaikan topik,
tujuan serta metode
yang digunakan
dalam pembelajaran.
- Apa yang menjadi
ciri khas biodiversitas
Indonesia ?
- Sebutkan flora dan
fauna yang termasuk
langka dan hampir
punah !
Motivasi :
Apa upaya yang kalian lakukan untuk menye -lamatkan keanekara -gaman
hayati ?
|
- Salam dan mengecek
kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
siswa.
- Memotivasi siswa
menjawab pertanyaan
dari guru.
- Membagi siswa
menjadi 8 kelompok.
- Membagikan LKS.
|
- Menjawab salam.
- Mencermati topik,
tujuan serta metode
pembelajaran
yang disampaikan
guru.
- Menjawab pertanyaan
yang disampaikan
guru.
|
10 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan secara
garis besar tentang
manfaat serta upaya
pelestarian
biodiversitas.
- Memantau dan
memandu kelompok
dalam berdiskusi.
- Menggarisbawahi
jalannya presentasi
kelas.
|
- Mengkondisikan serta
memotivasi siswa.
- Memantau jalannya
diskusi.
- Memandu kelompok
yang mengalami
kesulitan.
|
- Menyimak penjelasan
dari guru.
- Melakukan diskusi
dan mengerjakan
LKS.
- Menanyakan hal – hal
yang kurang jelas.
- Mempresentasikan
hasil diskusi
kelompok dalam
diskusi kelas.
|
70 menit
|
Kegiatan
|
Guru 1
|
Guru 2
|
Siswa
|
Waktu
|
Penutup
|
- Bersama siswa
membuat kesimpulan.
- Meminta siswa
mempelajari materi
tentang klasifikasi
makhluk hidup.
|
- Mengumpulkan LKS.
- Memberikan
penguatan.
- Salam penutup.
|
- Membuat kesimpulan
dipandu guru.
- Menjawab salam.
|
10 menit
|
E. Sumber Belajar
1. Pratiwi dkk,
2007, Biologi X, Erlangga, Jakarta, hal.117 - 126
Sudjadi, B dan Laila, S , 2004, Biologi
Sains Dalam Kehidupan, Yudhistira, Surabaya, hal. 69 – 80.
2. LKS
3. Diktat
Media Pembelajaran :
LCD, laptop, power point, alat tulis, papan
tulis, lingkungan sekolah, lingkungan sekitar rumah.
F.
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
a.Tes tertulis.
b. Tugas
terstruktur.
b. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
b. Uraian.
c. Pengamatan
sikap.
c. Instrumen
(Instrumen dan pedoman penilaian).
Penilaian kognitif
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMA
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / 2
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit ( 1
x pertemuan )
StandarKompetensi : 3.
Memahami manfaat keanekaragaman
hayati.
Kompetensi Dasar : 3.3
Mengklasifikasikan makhluk hidup dan pemberian nama makhluk hidup.
Indikator
: 1. Menjelaskan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup.
2. Menunjukkan cara membuat kunci
determinasi.
A. Tujuan Pembelajaran.
1. Setelah membaca literatur , siswa dapat menjelaskan tujuan dan
manfaat klasifikasi makhluk hidup dengan
benar.
1. Setelah berdiskusi,
siswa dapat menunjukkan cara menggunakan dan membuat kunci determinasi makhluk
hidup dengan benar.
B. Materi Pembelajaran.
1. Tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup.
2. Sistem klasifikasi
3. Tata nama Binomial Nomenklatur.
4. Kunci determinasi
C. Model / Metode Pembelajaran.
1. Diskusi.
2. Studi literatur.
3. Tanya jawab.
4. Penugasan.
D. Langkah – langkah
Pembelajaran.
Kegiatan
|
Guru 1
|
Guru 2
|
Siswa
|
Waktu
|
Awal
|
Apersepsi :
- Menyampaikan topik,
tujuan serta metode
yang digunakan
dalam pembelajaran.
- Mengapa kita harus
mengelompokkan
makhluk hidup ?
Motivasi :
Apakah kalian mengetahui nama-nama makhluk hidup ?
|
- Salam dan mengecek
kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
siswa.
- Memotivasi siswa
menjawab pertanyaan
dari guru.
|
- Menjawab salam.
- Mencermati topik,
tujuan serta metode
pembelajaran
yang disampaikan
guru.
- Menjawab pertanyaan
yang disampaikan
guru.
|
5 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan materi
secara umum.
- Memberikan soal-soal
latihan.
- Menyuruh siswa
mengerjakan soal di
papan tulis.
|
- Mengkondisikan
siswa.
- Memotivasi dan
membantu siswa yang
mengalami kesulitan
|
- Mendengarkan
penjelasan guru.
- Melakukan diskusi
dengan teman
sebangku.
- Menanyakan hal-hal
yang kurang jelas.
- Mengerjakan soal
latihan.
|
75 menit
|
Kegiatan
|
Guru 1
|
Guru 2
|
Siswa
|
Waktu
|
Penutup
|
- Bersama siswa
membuat kesimpulan.
Tugas mandiri terstruktur:
-Mengerjakan soal
diktat.
|
- Memberikan
penguatan.
- Salam penutup.
|
- Menyusun
kesimpulan dibimbing
guru.
- Menjawab salam.
|
10 menit
|
E. Sumber Belajar
1. Pratiwi dkk,
2007, Biologi X, Erlangga, Jakarta, hal.127 - 136
Sudjadi, B dan Laila, S , 2004, Biologi
Sains Dalam Kehidupan, Yudhistira, Surabaya, hal. 82 – 93.
2. LKS
3. Diktat
Media Pembelajaran :
Alat tulis, papan
tulis, lingkungan sekolah, lingkungan sekitar rumah.
F.
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
a.Tes tertulis.
b.Tugas mandiri terstruktur.
b. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
b. Uraian.
c. Pengamatan sikap.
c. Instrumen
(Instrumen dan pedoman penilaian).
Penilaian kognitif
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit ( 3 x pertemuan )
StandarKompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
Kompetensi Dasar : 3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri devisio dalam dunia tumbuhan dan peranannya
bagi kelangsungan hidup di bumi.
Indikator : 1. Mengidentifikasi ciri-ciri umum plantae.
2. Membedakan tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji
berdasarkan ciri-cirinya.
3. Mengklasifikasikan tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji.
4. Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan lumut, tumbuhan paku
dan tumbuhan berbiji.
5. Menjelaskan peranan berbagai jenis plantae tertentu yang ada di lingkungan.
A. Tujuan Pembelajaran.
1. Setelah membaca literatur, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri umum plantae dengan benar.
2. Setelah melakukan pengamatan, siswa dapat membedakan tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan
tumbuhan berbiji dengan benar.
3. Setelah melakukan diskusi, siswa dapat mengklasifikasikan tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan
tumbuhan berbiji dengan benar.
4. Setelah melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan lumut, tumbuhan
paku dan tumbuhan berbiji dengan benar.
5. Setelah melakukan studi literatur, siswa dapat menjelaskan peranan plantae dengan benar.
B. Materi Pembelajaran.
1. Ciri-ciri dan struktur tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji.
2. Klasifikasi tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji.
3. Perkembangbiakan tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji.
4. Peranan tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji bagi kelangsungan hidup di bumi.
C. Model / Metode Pembelajaran.
1. Diskusi.
2. Studi literatur.
3. Tanya jawab.
4. Penugasan.
5. Observasi.
D. Langkah – langkah Pembelajaran.
Pertemuan 1
Kegiatan Guru 1 Guru 2 Siswa Waktu
Awal Apersepsi :
- Menyampaikan topik,
tujuan serta metode
yang digunakan
dalam pembelajaran.
- Apa ciri khas dari
tumbuhan itu ?
Motivasi :
- Dimanakah kalian
bisa menemukan
tumbuhan lumut ?
- Salam dan mengecek
kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
siswa.
- Memotivasi siswa
menjawab pertanyaan
dari guru. - Menjawab salam.
- Mencermati topik,
tujuan serta metode
pembelajaran
yang disampaikan
guru.
- Menjawab pertanyaan
yang disampaikan
guru.
10 menit
Kegiatan Guru 1 Guru 2 Siswa Waktu
Inti - Menjelaskan secara
umum ciri-ciri
tumbuhan lumut.
- Memantau dan
memandu diskusi dan
presentasi.
- Memberikan
pertanyaan pada
siswa. - Mengkondisikan
siswa.
- Menayangkan power
point.
- Memantau jalannya
diskusi dan presentasi.
- Menyimak penjelasan
guru.
- Melakukan diskusi
metagenesis tumbuhan
lumut serta
peranannya.
- Mempresentasikan
hasil diskusi.
70 menit
Penutup - Bersama siswa
membuat kesimpulan.
- Meminta siswa
membawa tumbuhan
Paku.
- Memberikan
kesempatan pada
siswa untuk bertanya.
- Salam penutup.
- Mengajukan
pertanyaan hal-hal
yang kurang jelas.
- Menjawab salam
10 menit
Pertemuan 2
Kegiatan Guru 1 Guru 2 Siswa Waktu
Awal Apersepsi :
- Menyampaikan topik,
tujuan serta metode
yang digunakan
dalam pembelajaran.
- Mengapa tumbuhan
paku dikelompokkan
tumbuhan tingkat
rendah ?
Motivasi :
- Dimanakah kalian
bisa menemukan
tumbuhan paku ? - Salam dan mengecek
kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
siswa.
- Memotivasi siswa
menjawab pertanyaan
dari guru. - Menjawab salam.
- Mencermati topik,
tujuan serta metode
pembelajaran
yang disampaikan
guru.
- Menjawab pertanyaan
yang disampaikan
guru.
10 menit
Inti - Menyuruh siswa
mengamati tumbuhan
paku yang dibawa.
- Menunjuk siswa
menjelaskan
perbedaan metagene -
sis lumut dan paku.
- Memantau dan
mengkondisikan
siswa.
- Membantu siswa yang
mengalami kesulitan.
- Meminta siswa
memberikan contoh
spesies yang
bermanfaat bagi
kehidupan.
- Mengamati tumbuhan
paku dan mencocok -
kan dengan literatur.
- Menanyakan hal-hal
yang kurang jelas.
- Menjelaskan
metagenesis pada
tumbuhan paku.
- Membedakan
metagenesis lumut
dan paku.
- Memberikan contoh
spesies yang berperan
bagi kehidupan.
70 menit
Penutup - Membantu siswa
membuat kesimpulan.
- Meminta siswa
membaca materi
tumbuhan berbiji.
- Membantu siswa
membuat kesimpulan.
- Salam penutup.
- Menyusun
kesimpulan dipandu
oleh guru.
- Menjawab salam
10 menit
Pertemuan 3
Kegiatan Guru 1 Guru 2 Siswa Waktu
Awal Apersepsi :
- Menyampaikan topik,
tujuan serta metode
yang digunakan
dalam pembelajaran.
- Apa yang
membedakan
tumbuhan lumut,
paku dan tumbuhan
biji ?
Motivasi :
- Sebutkan perbedaan
dan persamaan pohon
pakis haji, rumput dan
pohon mangga !
- Salam dan mengecek
kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
siswa.
- Memotivasi siswa
menjawab pertanyaan
dari guru.
- Membagi siswa
menjadi 8 kelompok.
- Membagikan LKS - Menjawab salam.
- Mencermati topik,
tujuan serta metode
pembelajaran
yang disampaikan
guru.
- Menjawab pertanyaan
yang disampaikan
guru.
- Membentuk
kelompok.
5 menit
Inti - Memandu siswa
dalam melakukan
pengamatan di
lingkungan sekolah.
- Menjelaskan tentang
pembuahan ganda
pada Angiospermae.
- Memandu dalam
presentasi dan diskusi.
- Memandu siswa
dalam melakukan
pengamatan di
lingkungan sekolah.
- Membantu siswa
yang mengalami
kesulitan.
- Mengkondisikan
siswa.
- Mendata tumbuhan
yang termasuk
gymnospermae,
monokotil dan dikotil
di lingkungan sekolah.
- Mendeskripsikan
perbedaan dan
persamaan tumbuhan
dari hasil pengamatan.
- Menanyakan hal-hal
yang kurang jelas.
- Melaporkan hasil
pengamatan dalam
diskusi kelas.
75 menit
Penutup - Membantu siswa
membuat kesimpulan.
Tugas mandiri
terstruktur :
- Mengerjakan soal-
soal dalam diktat. - Membantu siswa
membuat kesimpulan.
- Memberikan
penguatan.
- Salam penutup. - Membuat kesimpulan
dibantu guru.
- Mengumpulkan
laporan.
- Menjawab salam
10 menit
E. Sumber Belajar
1. Pratiwi dkk, 2007, Biologi X, Erlangga, Jakarta, hal.146 – 167.
Sudjadi, B dan Laila, S , 2004, Biologi Sains Dalam Kehidupan, Yudhistira, Surabaya, hal. 202 – 232.
2. LKS
3. Diktat
Media Pembelajaran :
Laptop, LCD, Alat tulis, papan tulis, lingkungan sekolah, lingkungan sekitar rumah.
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
a.Tes tertulis.
b.Tugas mandiri terstruktur.
b. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
b. Uraian.
c. Pengamatan sikap.
c. Instrumen (Instrumen dan pedoman penilaian).
Penilaian kognitif
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMA N
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / 2
Alokasi
Waktu : 8 x 45 menit ( 4
x pertemuan )
StandarKompetensi : 3.
Memahami manfaat keanekaragaman
hayati.
Kompetensi Dasar
: 3.5 Mendeskripsikan ciri-ciri
filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi
kehidupan.
Indikator
: 1. Menjelaskan ciri-ciri umum animalia.
2. Mengidentifikasi karakteristik
berbagai filum anggota kingdom animalia.
3. Membuat data berbagai spesies hewan
invertebrata dari berbagai golongan
yang bermanfaat bagi
kehidupan.
4. Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi
berbagai hewan vertebrata.
5. Menyusun tabel berbagai hewan
vertebrata yang bermanfaat bagi kehidupan.
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca literatur, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri umum
kingdom animalia dengan benar.
2. Setelah melakukan diskusi, siswa dapat mengidentifikasi karakteristik
berbagai filum anggota kingdom
animalia dengan benar.
3. Setelah membaca literatur, siswa dapat membuat membuat data berbagai
spesies hewan invertebrata yang
bermanfaat bagi kehidupan
dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri morfologi
berbagai hewan vertebrata dengan
benar.
5. Setelah membaca literatur, siswa dapat menyusun tabel berbagai hewan
vertebrata yang bermanfaat bagi
kehidupan dengan benar.
B. Materi Pembelajaran :
1. Ciri – ciri umum kingdom animalia.
2. Karakteristik filum anggota kingdom animalia
3. Peranan invertebrata dan vertebrata bagi kehidupan.
C. Model / Metode
Pembelajaran.
1. Diskusi.
2. Studi literatur.
3. Tanya jawab.
4. Penugasan.
D. Langkah – langkah
Pembelajaran.
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Guru 1
|
Guru 2
|
Siswa
|
Waktu
|
Awal
|
Apersepsi :
- Menyampaikan topik,
tujuan serta metode
yang digunakan
dalam pembelajaran.
- Apakah kalian pernah
melihat ubur-ubur,
siput dan cumi-cumi
Apakah kalian juga
pernah melihat katak,
kadal dan harimau ?
|
- Salam dan mengecek
kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
siswa.
- Memotivasi siswa
menjawab pertanyaan
dari guru.
- Membagi siswa
menjadi 8 kelompok.
|
- Menjawab salam.
- Mencermati topik,
tujuan serta metode
pembelajaran
yang disampaikan
guru.
- Menjawab pertanyaan
yang disampaikan
guru.
|
10 menit
|
Kegiatan
|
Guru 1
|
Guru 2
|
Siswa
|
Waktu
|
|
Motivasi :
- Apa yang
membedakan antara
kedua kelompok
hewan tersebut ?
|
|
|
|
Inti
|
- Menjelaskan secara
singkat materi tentang
avertebrata.
- Membagikan LKS.
- Memandu kelompok
yang mengalami
kesulitan.
- Mengklarifikasi dan
mengoreksi hasil
kerja kelompok.
|
- Mengkondisikan
siswa.
- Mengoperasikan
power point.
- Memandu kelompok
yang mengalami
kesulitan.
|
- Menyimak penjelasan
guru.
- Mengerjakan LKS
secara berkelompok
dengan bimbingan
guru.
- Bertanya materi –
materi yang kurang
jelas.
- Mempresentasikan
hasil kerja kelompok.
|
75 menit
|
Penutup
|
- Bersama siswa
membuat
kesimpulan.
- Memberikan tugas
mempelajari materi
berikutnya.
|
- Memberikan
penguatan.
- Salam penutup.
|
- Membuat kesimpulan
dengan bimbingan
guru.
- Menjawab salam
|
5 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Guru 1
|
Guru 2
|
Siswa
|
Waktu
|
Awal
|
Apersepsi :
- Menyampaikan topik,
tujuan serta metode
yang digunakan
dalam pembelajaran.
- Apakah kalian pernah
melihat cacing pita,
cacing kremi dan
cacing tanah ?
Motivasi :
- Apa persamaan dan
perbedaan ketiga
cacing tersebut ?
|
- Salam dan mengecek
kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
siswa.
- Memotivasi siswa
menjawab pertanyaan
dari guru.
- Membagi siswa
menjadi 8 kelompok.
|
- Menjawab salam.
- Mencermati topik,
tujuan serta metode
pembelajaran
yang disampaikan
guru.
- Menjawab pertanyaan
yang disampaikan
guru.
|
10 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan secara
singkat materi tentang
cacing.
- Membagikan LKS.
- Memandu kelompok
yang mengalami
kesulitan.
- Mengklarifikasi dan
mengoreksi hasil
kerja kelompok.
|
- Mengkondisikan
siswa.
- Mengoperasikan
power point.
- Memandu kelompok
yang mengalami
kesulitan.
|
- Menyimak penjelasan
guru.
- Mengerjakan LKS
secara berkelompok
dengan bimbingan
guru.
- Bertanya materi –
materi yang kurang
jelas.
- Mempresentasikan
hasil kerja kelompok.
|
75 menit
|
Kegiatan
|
Guru 1
|
Guru 2
|
Siswa
|
Waktu
|
Penutup
|
- Bersama siswa
membuat
kesimpulan.
- Memberikan tugas
mempelajari materi
berikutnya.
|
- Memberikan
penguatan.
- Salam penutup.
|
- Membuat kesimpulan
dengan bimbingan
guru.
- Menjawab salam
|
5 menit
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Guru 1
|
Guru 2
|
Siswa
|
Waktu
|
Awal
|
Apersepsi :
- Menyampaikan topik,
tujuan serta metode
yang digunakan
dalam pembelajaran.
-
Motivasi :
- Apa persamaan dan
perbedaan ketiga
cacing tersebut ?
|
- Salam dan mengecek
kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
siswa.
- Memotivasi siswa
menjawab pertanyaan
dari guru.
- Membagi siswa
menjadi 8 kelompok.
|
- Menjawab salam.
- Mencermati topik,
tujuan serta metode
pembelajaran
yang disampaikan
guru.
- Menjawab pertanyaan
yang disampaikan
guru.
|
10 menit
|