-->
Info Biologiku

Kumpulan Materi, Soal Biologi dan Perkembangan Sains semoga bermanfaat bagi pembaca

Sabtu, November 21, 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA KELAS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA KELAS X SEMESTER II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                   : SMA
Mata Pelajaran                   : Biologi
Kelas/Semester                  : X / 2       
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
StandarKompetensi            : 3.   Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
Kompetensi Dasar             : 3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui 
 kegiatan pengamatan.
Indikator                            :    1.    Mengidentifikasi keanekaragaman gen dan jenis makhluk hidup.
1.      Merumuskan konsep keseragaman dan keberagaman.
2.      Membandingkan ciri keanekaragaman tingkat gen, jenis dan ekosistem.
3.      Menjelaskan faktor yang menentukan keanekaragaman ekosistem.
A. Tujuan Pembelajaran.
1.  Setelah melakukan studi literatur, siswa dapat mengidentifikasi keanekaragaman gen dan jenis makhluk
     hidup dengan benar.
2.  Setelah melakukan diskusi, siswa dapat merumuskan konsep keseragaman dan keberagaman makhluk
     hidup dengan benar.
3. Setelah melakukan pengamatan, siswa dapat membandingkan ciri keanekaragaman tingkat gen, jenis dan 
    ekosistem dengan benar.
4. Setelah melakukan diskusi, siswa dapat menjelaskan faktor yang menentukan keanekaragaman ekosistem
   dengan benar.

B. Materi Pembelajaran.
   - Konsep keseragaman dan keberagaman.
   - Macam – macam keanekaragaman hayati.
   - Faktor terbentuknya keanekaragaman genetik, jenis dan ekosistem.

C. Metode / Model Pembelajaran.
1. Diskusi.
2. Studi literatur.
3. Penugasan.
4. Observasi

D. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran.
Pertemuan 1
Kegiatan
Guru 1
Guru 2
Siswa
Waktu
Awal
Apersepsi :
-  Menyampaikan topik,
   tujuan serta metode
   yang digunakan
   dalam pembelajaran.
-  Sebutkan macam
   tumbuhan atau hewan
   yang ditemukan di   
   lingkungan sekolah!

Motivasi :
Apa perbedaan dan persamaan kelapa dan aren serta kelapa hijau dan kelapa gading ?


- Salam dan mengecek
  kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
  siswa.
- Membagi siswa 
  menjadi 8 kelompok.
- Memotivasi siswa
  menjawab pertanyaan  
  dari guru.
- Menjawab salam.
- Mencermati topik,
  tujuan serta metode
  pembelajaran
  yang disampaikan
  guru.
- Menjawab pertanyaan
   yang disampaikan
   guru.






10 menit

Kegiatan
Guru 1
Guru 2
Siswa
Waktu
Inti
- Menyampaikan materi
  secara umum.
- Meminta siswa
  melakukan observasi
  di lingkungan sekolah.
- Memandu dan
   memantau siswa
   selama pengamatan.
- Mengklarifikasi hasil
   presentasi.

- Mengkondisikan
  kelas.
- Membagikan LKS.
- Memandu dan
   memantau siswa
   selama pengamatan.
- Memberikan penilaian
   afektif dan
   psikomotor.


- Mencermati materi
  yang disampaikan  
  guru.
- Mendata makhluk
  hidup yang
  menunjukkan
  keanekaragaman gen
  dan spesies yang ada
  di lingkungan sekolah.
- Mempresentasikan
  hasil pengamatan.

Penutup
- Bersama siswa
  membuat kesimpulan.
Tugas terstruktur:
  Catatlah makhluk  
  hidup di sekeliling
  rumah kalian yang
  menunjukkan
  keanekaragaman gen,
  spesies dan ekosistem
- Memberikan
  penguatan.
- Salam penutup.

- Menyusun
   kesimpulan.
- Menjawab salam.



E.   Sumber Belajar
1. Pratiwi dkk, 2007, Biologi X, Erlangga, Jakarta, hal.112 - 116
    Sudjadi, B dan Laila, S , 2004, Biologi Sains Dalam Kehidupan, Yudhistira, Surabaya, hal. 64 – 69.
2.  LKS
3.  Diktat

 Media Pembelajaran :
 LCD, laptop, power point, alat tulis, papan tulis, lingkungan sekolah, lingkungan sekitar rumah.

F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
a.Tes tertulis.
b. Tugas terstruktur.
c. Tugas mandiri terstruktur.

b. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
b. Uraian.
c. Pengamatan sikap.
d. Penilaian psikomotor.

c. Instrumen (Instrumen dan pedoman penilaian).
         Penilaian kognitif 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                   : SMA
Mata Pelajaran                   : Biologi
Kelas/Semester                  : X / 2       
Alokasi Waktu                   : 4 x 45 menit ( 2 x pertemuan )
StandarKompetensi            : 3.   Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
Kompetensi Dasar             : 3.2  Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia dan usaha 
  pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam.    
Indikator                            : 1. Menjelaskan pola sebaran hewan dan tumbuhan Indonesia.
                                            2. Menunjukkan organisme bermasalah yang menjadi kekayaan Indonesia.
                                            3. Menunjukkan ciri khas hutan hujan tropis Indonesia.
                                            4. Menggali informasi dari berbagai sumber tentang usaha pelestarian
keanekaragaman hayati di Indonesia.

A. Tujuan Pembelajaran .
1. Setelah melakukan studi literatur, siswa dapat menjelaskan pola sebaran hewan dan tumbuhan Indonesia
    dengan benar.
2. Setelah melakukan diskusi, siswa dapat menunjukkan organisme bermasalah yang menjadi kekayaan
    Indonesia dengan benar.
3. Setelah melakukan diskusi, siswa dapat menunjukkan  ciri khas hutan hujan tropis Indonesia dengan benar
4.Setelah melakukan studi literatur, siswa dapat menjelaskan usaha pelestarian keanekaragaman hayati di
   Indonesia dengan benar.

B. Materi Pembelajaran.
1. Ciri khas keanekaragaman hayati Indonesia.
2. Manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan.
3. Usaha pelestarian keanekaragaman hayati.

C. Model / Metode Pembelajaran.
1. Diskusi.
2. Studi literatur.
3. Tanya jawab.
4. Penugasan.

D. Langkah – langkah Pembelajaran.
Pertemuan 1
Kegiatan
Guru 1
Guru 2
Siswa
Waktu
Awal
Apersepsi :
-  Menyampaikan topik,
   tujuan serta metode
   yang digunakan
   dalam pembelajaran.
-  Berikan contoh
   makhluk hidup yang  
   menunjukkan
   keanekaragaman gen
   dan spesies !

Motivasi :
Sebutkan contoh flora dan fauna yang sudah langka !

- Salam dan mengecek
  kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
  siswa.
- Memotivasi siswa
  menjawab pertanyaan 
  dari guru.
- Menjawab salam.
- Mencermati topik,
  tujuan serta metode
  pembelajaran
  yang disampaikan
  guru.
- Menjawab pertanyaan
   yang disampaikan
   guru.






10 menit

Kegiatan
Guru 1
Guru 2
Siswa
Waktu
Inti
- Menyampaikan  
  konsep keanekara –
  gaman hayati di 
  Indonesia serta  
  pemanfaatannya.
- Menyuruh siswa
  berdiskusi dengan
  teman sebangku dan
  mencatat hal-hal yang
  kurang jelas.
- Mengklarifikasi
  jawaban siswa.
- Mengkondisikan
  siswa.
- Memotivasi dan
  membantu siswa yang
  mengalami kesulitan.
- Memantau jalannya
  diskusi.

- Menyimak dan
  memperhatikan yang
  disampaikan guru.
- Membaca diktat atau
  buku serta mencatat
  materi yang kurang
  jelas.
- Membacakan
  pertanyaan dan siswa
  yang lain mencoba
  menjawab.





70 menit
Penutup
- Membuat kesimpulan
  bersama siswa.
 Tugas terstruktur :
 Datalah flora dan 
 fauna yang tergolong
 langka !

- Memberikan
  penguatan.
- Salam penututp.
- Membuat kesimpulan
  dari materi yang telah
  dipelajari.



10 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Guru 1
Guru 2
Siswa
Waktu
Awal
Apersepsi :
-  Menyampaikan topik,
   tujuan serta metode
   yang digunakan
   dalam pembelajaran.
-  Apa yang menjadi
   ciri khas biodiversitas
   Indonesia ?
- Sebutkan flora dan
  fauna yang termasuk
  langka dan hampir
  punah !

Motivasi :
Apa upaya yang kalian lakukan untuk menye -lamatkan keanekara -gaman hayati ?
- Salam dan mengecek
  kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
  siswa.
- Memotivasi siswa
  menjawab pertanyaan 
  dari guru.
- Membagi siswa
  menjadi 8 kelompok.
- Membagikan LKS.

- Menjawab salam.
- Mencermati topik,
  tujuan serta metode
  pembelajaran
  yang disampaikan
  guru.
- Menjawab pertanyaan
   yang disampaikan
   guru.






10 menit
Inti
- Menjelaskan secara
  garis besar tentang
  manfaat serta upaya
  pelestarian
  biodiversitas.
- Memantau dan
  memandu kelompok
  dalam berdiskusi.
- Menggarisbawahi
  jalannya presentasi
  kelas.
- Mengkondisikan serta
   memotivasi siswa.
- Memantau jalannya
  diskusi.
- Memandu kelompok
  yang mengalami
  kesulitan.

- Menyimak penjelasan
  dari guru.
- Melakukan diskusi
  dan mengerjakan
  LKS.
- Menanyakan hal – hal
  yang kurang jelas.
- Mempresentasikan
  hasil diskusi
  kelompok dalam
  diskusi kelas.






70 menit

Kegiatan
Guru 1
Guru 2
Siswa
Waktu
Penutup
- Bersama siswa
  membuat kesimpulan.
- Meminta siswa
  mempelajari materi
  tentang klasifikasi
  makhluk hidup.
- Mengumpulkan LKS.
- Memberikan
  penguatan.
- Salam penutup.

- Membuat kesimpulan
  dipandu guru.
- Menjawab salam.



10 menit

E.   Sumber Belajar
1. Pratiwi dkk, 2007, Biologi X, Erlangga, Jakarta, hal.117 - 126
    Sudjadi, B dan Laila, S , 2004, Biologi Sains Dalam Kehidupan, Yudhistira, Surabaya, hal. 69 – 80.
2.  LKS
3.  Diktat

 Media Pembelajaran :
 LCD, laptop, power point, alat tulis, papan tulis, lingkungan sekolah, lingkungan sekitar rumah.

F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
a.Tes tertulis.
b. Tugas terstruktur.

b. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
b. Uraian.
c. Pengamatan sikap.

c. Instrumen (Instrumen dan pedoman penilaian).
         Penilaian kognitif

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                   : SMA
Mata Pelajaran                   : Biologi
Kelas/Semester                  : X / 2       
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
StandarKompetensi            : 3.   Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
Kompetensi Dasar             : 3.3  Mengklasifikasikan makhluk hidup dan pemberian nama makhluk hidup.
Indikator                            : 1. Menjelaskan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup.
                                            2. Menunjukkan cara membuat kunci determinasi.

A. Tujuan Pembelajaran.
1. Setelah membaca literatur , siswa dapat menjelaskan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup dengan
    benar.
1.     Setelah berdiskusi, siswa dapat menunjukkan cara menggunakan dan membuat kunci determinasi makhluk hidup dengan benar.

B. Materi Pembelajaran.
1. Tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup.
2. Sistem klasifikasi
3. Tata nama Binomial Nomenklatur.
4. Kunci determinasi

C. Model / Metode Pembelajaran.
1. Diskusi.
2. Studi literatur.
3. Tanya jawab.
4. Penugasan.

D. Langkah – langkah Pembelajaran.
Kegiatan
Guru 1
Guru 2
Siswa
Waktu
Awal
Apersepsi :
-  Menyampaikan topik,
   tujuan serta metode
   yang digunakan
   dalam pembelajaran.
-  Mengapa kita harus
   mengelompokkan
   makhluk hidup ?

Motivasi :
Apakah kalian mengetahui nama-nama makhluk hidup ?
- Salam dan mengecek
  kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
  siswa.
- Memotivasi siswa
  menjawab pertanyaan 
  dari guru.
- Menjawab salam.
- Mencermati topik,
  tujuan serta metode
  pembelajaran
  yang disampaikan
  guru.
- Menjawab pertanyaan
   yang disampaikan
   guru.






5 menit
Inti
- Menjelaskan materi
   secara umum.
- Memberikan soal-soal
  latihan.
- Menyuruh siswa
  mengerjakan soal di
  papan tulis.

- Mengkondisikan
   siswa.
- Memotivasi dan
  membantu siswa yang
  mengalami kesulitan


- Mendengarkan
  penjelasan guru.
- Melakukan diskusi
  dengan teman
  sebangku.
- Menanyakan hal-hal
  yang kurang jelas.
- Mengerjakan soal
  latihan.



75 menit


Kegiatan
Guru 1
Guru 2
Siswa
Waktu
Penutup
- Bersama siswa
   membuat kesimpulan.
Tugas mandiri terstruktur:
-Mengerjakan soal
 diktat.

- Memberikan
   penguatan.
- Salam penutup.
- Menyusun
  kesimpulan dibimbing
  guru.
- Menjawab salam.


10 menit

E.   Sumber Belajar
1. Pratiwi dkk, 2007, Biologi X, Erlangga, Jakarta, hal.127 - 136
    Sudjadi, B dan Laila, S , 2004, Biologi Sains Dalam Kehidupan, Yudhistira, Surabaya, hal. 82 – 93.
2.  LKS
3.  Diktat

 Media Pembelajaran :
Alat tulis, papan tulis, lingkungan sekolah, lingkungan sekitar rumah.

F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
a.Tes tertulis.
b.Tugas mandiri terstruktur.

b. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
b. Uraian.
c. Pengamatan sikap.

c. Instrumen (Instrumen dan pedoman penilaian).
         Penilaian kognitif

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA 
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit ( 3 x pertemuan )
StandarKompetensi : 3.   Memahami manfaat keanekaragaman hayati. 
Kompetensi Dasar      : 3.4  Mendeskripsikan ciri-ciri devisio dalam dunia tumbuhan dan peranannya 
  bagi kelangsungan hidup di bumi.
Indikator      : 1. Mengidentifikasi ciri-ciri umum plantae.
2. Membedakan tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji   
    berdasarkan ciri-cirinya.
3. Mengklasifikasikan tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji.
4. Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan lumut, tumbuhan paku  
    dan tumbuhan berbiji.
5. Menjelaskan peranan berbagai jenis plantae tertentu yang ada di lingkungan.

A. Tujuan Pembelajaran.
1. Setelah membaca literatur, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri umum plantae dengan benar.
2. Setelah melakukan pengamatan, siswa dapat membedakan tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan 
    tumbuhan berbiji dengan benar.
3. Setelah melakukan diskusi, siswa dapat mengklasifikasikan tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan 
    tumbuhan berbiji dengan benar.
4. Setelah melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan lumut, tumbuhan  
    paku dan tumbuhan berbiji dengan benar.
5. Setelah melakukan studi literatur, siswa dapat menjelaskan peranan plantae dengan benar.

B. Materi Pembelajaran.
1. Ciri-ciri dan struktur tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji.
2. Klasifikasi tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji.
3. Perkembangbiakan tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji.
4. Peranan tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji bagi kelangsungan hidup di bumi.

C. Model / Metode Pembelajaran.
1. Diskusi.
2. Studi literatur.
3. Tanya jawab.
4. Penugasan.
5. Observasi.

D. Langkah – langkah Pembelajaran.
Pertemuan 1
Kegiatan Guru 1 Guru 2 Siswa Waktu
Awal Apersepsi :
-  Menyampaikan topik, 
   tujuan serta metode 
   yang digunakan 
   dalam pembelajaran.
-  Apa ciri khas dari  
    tumbuhan itu ?
Motivasi :
- Dimanakah kalian 
   bisa menemukan 
   tumbuhan lumut ?
- Salam dan mengecek 
  kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran 
  siswa.
- Memotivasi siswa 
  menjawab pertanyaan  
  dari guru. - Menjawab salam.
- Mencermati topik, 
  tujuan serta metode 
  pembelajaran 
  yang disampaikan 
  guru.
- Menjawab pertanyaan
   yang disampaikan 
   guru.




10 menit
Kegiatan Guru 1 Guru 2 Siswa Waktu
Inti - Menjelaskan secara 
  umum ciri-ciri  
  tumbuhan lumut.
- Memantau dan 
  memandu diskusi dan 
  presentasi.
- Memberikan 
  pertanyaan pada 
  siswa. - Mengkondisikan 
  siswa.
- Menayangkan power 
  point.
- Memantau jalannya 
  diskusi dan presentasi.

- Menyimak penjelasan 
  guru.
- Melakukan diskusi 
  metagenesis tumbuhan 
  lumut serta 
  peranannya.
- Mempresentasikan 
  hasil diskusi.
 



70 menit
Penutup - Bersama siswa 
  membuat kesimpulan.
- Meminta siswa 
  membawa tumbuhan
  Paku.
- Memberikan 
  kesempatan pada 
  siswa untuk bertanya.
- Salam penutup.
- Mengajukan 
  pertanyaan hal-hal 
  yang kurang jelas.
- Menjawab salam

10 menit

Pertemuan 2
Kegiatan Guru 1 Guru 2 Siswa Waktu
Awal Apersepsi :
-  Menyampaikan topik, 
   tujuan serta metode 
   yang digunakan 
   dalam pembelajaran.
-  Mengapa tumbuhan  
   paku dikelompokkan 
   tumbuhan tingkat 
   rendah ?
Motivasi :
- Dimanakah kalian 
   bisa menemukan 
   tumbuhan paku ? - Salam dan mengecek 
  kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran 
  siswa.
- Memotivasi siswa 
  menjawab pertanyaan  
  dari guru. - Menjawab salam.
- Mencermati topik, 
  tujuan serta metode 
  pembelajaran 
  yang disampaikan 
  guru.
- Menjawab pertanyaan
   yang disampaikan 
   guru.




10 menit
Inti - Menyuruh siswa 
   mengamati tumbuhan 
   paku yang dibawa.
- Menunjuk siswa 
  menjelaskan 
  perbedaan metagene -
  sis lumut dan paku.

- Memantau dan 
   mengkondisikan 
   siswa.
- Membantu siswa yang 
   mengalami kesulitan.
- Meminta siswa 
  memberikan contoh 
  spesies yang 
  bermanfaat bagi 
  kehidupan.


- Mengamati tumbuhan 
   paku dan mencocok -
   kan dengan literatur.
- Menanyakan hal-hal 
   yang kurang jelas.
- Menjelaskan 
   metagenesis pada 
   tumbuhan paku.
- Membedakan 
  metagenesis lumut 
  dan paku.
- Memberikan contoh 
  spesies yang berperan 
  bagi kehidupan.






70 menit
Penutup - Membantu siswa 
  membuat kesimpulan.
- Meminta siswa 
  membaca materi 
  tumbuhan berbiji.

- Membantu siswa 
  membuat kesimpulan.
- Salam penutup.
- Menyusun 
  kesimpulan dipandu 
  oleh guru.
- Menjawab salam

10 menit

Pertemuan 3
Kegiatan Guru 1 Guru 2 Siswa Waktu
Awal Apersepsi :
-  Menyampaikan topik, 
   tujuan serta metode 
   yang digunakan 
   dalam pembelajaran.
-  Apa yang 
   membedakan 
   tumbuhan lumut, 
   paku dan tumbuhan 
   biji ?

Motivasi :
- Sebutkan perbedaan 
  dan persamaan pohon 
  pakis haji, rumput dan 
  pohon mangga !
  - Salam dan mengecek 
  kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran 
  siswa.
- Memotivasi siswa 
  menjawab pertanyaan  
  dari guru.
- Membagi siswa 
  menjadi 8 kelompok.
- Membagikan LKS - Menjawab salam.
- Mencermati topik, 
  tujuan serta metode 
  pembelajaran 
  yang disampaikan 
  guru.
- Menjawab pertanyaan
   yang disampaikan 
   guru.
- Membentuk 
   kelompok.





5 menit
Inti - Memandu siswa 
  dalam melakukan 
  pengamatan di 
  lingkungan sekolah.
- Menjelaskan tentang 
  pembuahan ganda 
  pada Angiospermae.
- Memandu dalam 
  presentasi dan diskusi.


- Memandu siswa 
  dalam melakukan 
  pengamatan di 
  lingkungan sekolah.
- Membantu siswa 
  yang mengalami  
  kesulitan.
- Mengkondisikan 
  siswa.


- Mendata tumbuhan 
  yang termasuk 
  gymnospermae, 
  monokotil dan dikotil 
  di lingkungan sekolah.
- Mendeskripsikan 
  perbedaan dan 
  persamaan tumbuhan 
  dari hasil pengamatan.
- Menanyakan hal-hal 
  yang kurang jelas.
- Melaporkan hasil 
  pengamatan dalam 
  diskusi kelas.







75 menit
Penutup - Membantu siswa 
  membuat kesimpulan.
  Tugas mandiri 
  terstruktur :
- Mengerjakan soal-
  soal dalam diktat. - Membantu siswa 
  membuat kesimpulan.
- Memberikan 
  penguatan.
- Salam penutup. - Membuat kesimpulan 
  dibantu guru.
- Mengumpulkan 
  laporan.
- Menjawab salam


10 menit

E.   Sumber Belajar
1. Pratiwi dkk, 2007, Biologi X, Erlangga, Jakarta, hal.146 – 167.
    Sudjadi, B dan Laila, S , 2004, Biologi Sains Dalam Kehidupan, Yudhistira, Surabaya, hal. 202 – 232.
2.  LKS
3.  Diktat

 Media Pembelajaran :
 Laptop, LCD, Alat tulis, papan tulis, lingkungan sekolah, lingkungan sekitar rumah.





F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
a.Tes tertulis.
b.Tugas mandiri terstruktur.

b. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
b. Uraian.
c. Pengamatan sikap.

c. Instrumen (Instrumen dan pedoman penilaian).
Penilaian kognitif 

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                   : SMA N
Mata Pelajaran                   : Biologi
Kelas/Semester                  : X / 2       
Alokasi Waktu                   : 8 x 45 menit ( 4 x pertemuan )
StandarKompetensi            : 3.   Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
Kompetensi Dasar             : 3.5  Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi
  kehidupan.
Indikator                            : 1. Menjelaskan ciri-ciri umum animalia.
                                            2. Mengidentifikasi karakteristik berbagai filum anggota kingdom animalia.
                                            3. Membuat data berbagai spesies hewan invertebrata dari berbagai golongan
yang bermanfaat bagi kehidupan.
                                            4. Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi berbagai hewan vertebrata.
                                            5. Menyusun tabel berbagai hewan vertebrata yang bermanfaat bagi kehidupan.

A. Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca literatur, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri umum kingdom animalia dengan benar.
2. Setelah melakukan diskusi, siswa dapat mengidentifikasi karakteristik berbagai filum anggota kingdom
    animalia dengan benar.
3. Setelah membaca literatur, siswa dapat membuat membuat data berbagai spesies hewan invertebrata yang
    bermanfaat bagi kehidupan dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri morfologi berbagai hewan vertebrata dengan 
    benar.
5. Setelah membaca literatur, siswa dapat menyusun tabel berbagai hewan vertebrata yang bermanfaat bagi
    kehidupan dengan benar.

B. Materi Pembelajaran :
1. Ciri – ciri umum kingdom animalia.
2. Karakteristik filum anggota kingdom animalia
3. Peranan invertebrata dan vertebrata bagi kehidupan.

C. Model / Metode Pembelajaran.
1. Diskusi.
2. Studi literatur.
3. Tanya jawab.
4. Penugasan.

D. Langkah – langkah Pembelajaran.
Pertemuan 1
Kegiatan
Guru 1
Guru 2
Siswa
Waktu
Awal
Apersepsi :
-  Menyampaikan topik,
   tujuan serta metode
   yang digunakan
   dalam pembelajaran.
-  Apakah kalian pernah
   melihat ubur-ubur,
   siput dan cumi-cumi
   Apakah kalian juga
   pernah melihat katak,
   kadal dan harimau ?

- Salam dan mengecek
  kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
  siswa.
- Memotivasi siswa
  menjawab pertanyaan 
  dari guru.
- Membagi siswa
  menjadi 8 kelompok.

- Menjawab salam.
- Mencermati topik,
  tujuan serta metode
  pembelajaran
  yang disampaikan
  guru.
- Menjawab pertanyaan
   yang disampaikan
   guru.






10 menit


Kegiatan
Guru 1
Guru 2
Siswa
Waktu

Motivasi :
- Apa yang
  membedakan antara
  kedua kelompok
  hewan tersebut ?



Inti
- Menjelaskan secara
  singkat materi tentang
  avertebrata.
- Membagikan LKS.
- Memandu kelompok
  yang mengalami
  kesulitan.
- Mengklarifikasi dan
  mengoreksi hasil
  kerja kelompok.

- Mengkondisikan
  siswa.
- Mengoperasikan
  power point.
- Memandu kelompok
  yang mengalami
  kesulitan.


- Menyimak penjelasan
  guru.
- Mengerjakan LKS
  secara berkelompok
  dengan bimbingan
  guru.
- Bertanya materi –
  materi yang kurang
  jelas.
- Mempresentasikan
  hasil kerja kelompok.






75 menit
Penutup
- Bersama siswa
  membuat
  kesimpulan.
- Memberikan tugas
  mempelajari materi
  berikutnya.
- Memberikan
  penguatan.
- Salam penutup.

- Membuat kesimpulan
  dengan bimbingan
  guru.
- Menjawab salamm  mempelajari filum berikutnya.
ompok.
.
 ?




5 menit



Pertemuan 2
Kegiatan
Guru 1
Guru 2
Siswa
Waktu
Awal
Apersepsi :
-  Menyampaikan topik,
   tujuan serta metode
   yang digunakan
   dalam pembelajaran.
-  Apakah kalian pernah
   melihat cacing pita,
   cacing kremi dan
   cacing tanah ?
Motivasi :
- Apa persamaan dan
  perbedaan ketiga
  cacing tersebut ?
- Salam dan mengecek
  kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
  siswa.
- Memotivasi siswa
  menjawab pertanyaan 
  dari guru.
- Membagi siswa
  menjadi 8 kelompok.

- Menjawab salam.
- Mencermati topik,
  tujuan serta metode
  pembelajaran
  yang disampaikan
  guru.
- Menjawab pertanyaan
   yang disampaikan
   guru.






10 menit
Inti
- Menjelaskan secara
  singkat materi tentang
  cacing.
- Membagikan LKS.
- Memandu kelompok
  yang mengalami
  kesulitan.
- Mengklarifikasi dan
  mengoreksi hasil
  kerja kelompok.

- Mengkondisikan
  siswa.
- Mengoperasikan
  power point.
- Memandu kelompok
  yang mengalami
  kesulitan.


- Menyimak penjelasan
  guru.
- Mengerjakan LKS
  secara berkelompok
  dengan bimbingan
  guru.
- Bertanya materi –
  materi yang kurang
  jelas.
- Mempresentasikan
  hasil kerja kelompok.






75 menit




Kegiatan
Guru 1
Guru 2
Siswa
Waktu
Penutup
- Bersama siswa
  membuat
  kesimpulan.
- Memberikan tugas
  mempelajari materi
  berikutnya.
- Memberikan
  penguatan.
- Salam penutup.

- Membuat kesimpulan
  dengan bimbingan
  guru.
- Menjawab salamm  mempelajari filum berikutnya.
ompok.
.
 ?



5 menit



Pertemuan 3
Kegiatan
Guru 1
Guru 2
Siswa
Waktu
Awal
Apersepsi :
-  Menyampaikan topik,
   tujuan serta metode
   yang digunakan
   dalam pembelajaran.
Motivasi :
- Apa persamaan dan
  perbedaan ketiga
  cacing tersebut ?
- Salam dan mengecek
  kesiapan siswa.
- Mencatat kehadiran
  siswa.
- Memotivasi siswa
  menjawab pertanyaan 
  dari guru.
- Membagi siswa
  menjadi 8 kelompok.

- Menjawab salam.
- Mencermati topik,
  tujuan serta metode
  pembelajaran
  yang disampaikan
  guru.
- Menjawab pertanyaan
   yang disampaikan
   guru.






10 menit

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA KELAS X