-->
Info Biologiku

Kumpulan Materi, Soal Biologi dan Perkembangan Sains semoga bermanfaat bagi pembaca

Rabu, Maret 08, 2017

Cara Adaptasi Tumbuhan

Selain tumbuhan memiliki ciri khusus, ada pula bagian tubuh tumbuhan yang berguna untuk melindungi diri dan beradaptasi terhadap lingkungan. Bagian tubuh setiap tumbuhan tersebut berbeda-beda. Sekarang, simak cara beberapa tumbuhan melindungi diri dan beradaptasi.

1.      Bambu

Bambu mempunyai rambut-rambut halus. Rambut-rambut halus tersebut dapat menyebabkan gatal-gatal di kulit.

2.      Salak, Bunga Mawar, dan Putri Malu

Tanaman salak, bunga mawar, dan putri malu mempunyai duri. Duri ini untuk melindungi diri dari musuhnya. Duri tersebut dapat melukai hewan yang mencoba mengganggunya.

3.      Pohon Nangka, Pohon Karet, dan Bunga Kamboja

Jenis-jenis tumbuhan tersebut mampu mengeluarkan getah. Getah dapat menempel ke tubuh hewan yang mengganggunya. Getah yang menempel menyebabkan hewan sulit bergerak. Dengan demikian, tumbuhan tersebut terhindar dari gangguan hewan.

4.      Buah Durian

Kulit buah durian memiliki duri yang sangat tajam. Duri ini sebagai alat pertahanan diri dari musuhnya. Adanya kulit berduri ini membuat biji yang berada di dalam buah terlindung. Biji pada buah durian dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan.

Selain tumbuhan, hewan juga memiliki bagian tubuh yang berguna untuk melindungi diri dan beradaptasi terhadap lingkungannya. Simak artikel lainnya tentang cara Hewan beradaptasi dengan lingkungan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Adaptasi Tumbuhan