SOAL BIOLOGI SMA KELAS X ULANGAN TENGAH SEMESTER 1 BESERTA KUNCI JAWABAN
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan pilihan jawaban
pada LJK !
1. Pengertian biologi yang paling tepat dijabarkan
sebagai berikut...
a. biologi adalah ilmu yang menjelaskanarti
keseimbangan alam.
b. biologi adalah ilmu yang mempelajari
hubungan antara produsen dan konsumen.
c. biologi adalah ilmu yang mempelajari
semua makhluk yang hidup sekarang ini.
d. biologi adalah ilmu yang mempelajari semua
makhluk yang hidup di masa kini
dan masa silam.
e. biologi adalah ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring kehidupan.
2. Biologi
sebagai ilmu memiliki objek kajian berupa berbagai permasalahan makhluk hidup
dalam berbagai tingkat organisasi. Fenomena / kejadian berikut ini yang bukan
merupakan objek kajian biologi adalah .........
a. mangga mentah menjadi manis dan berwarna
merah ketika masak
b. bangkai tikus berbau busuk setelah
beberapa hari
c. kandungan mineral dalam batuan
d. ada berbagai benda kecil yang bergerak
aktif pada pengamatan air kolam dengan menggunakan mikroskop
e. pembuatan tempe menggunakan jamur.
3. Biologi sebagai salah satu sains memiliki ciri –
ciri....
a.
logis, abstrak, universal b.
obyektif, sistematis, logis
c. obyektif, logis, abstrak d. subyektif,
sistematis, logis
e. universal, abstrak, obyektif
4. Jika kita mengawinkan secara langsung tumbuhan A dan B, maka dimanapun
dan kapanpun itu dilakukan
hasilnya akan mengikuti hukum-hukum persilangan yang ditentukan oleh Gregor
Mendel. Hal ini menunjukkan bahwa biologi memiliki ciri...
a. obyek kajian berupa benda-benda konkrit.
b. dikembangkan
berdasarkan pengalaman empiris.
c.
dikaji dengan menggunakan langkah-langkah yang sistematis.
d.
hasil kajiannya bersifat obyektif.
e.
hasil kajiannya berupa hukum yang berlaku umum.
5. Perhatikan gambar berikut !
Cabang biologi yang berkaitan dengan gambar diatas adalah…
a. Histologi
b. Anatomi
c. Fisiologi
d. Sitologi
e. Taksonomi
6. Cabang biologi yang
memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat lahir pada bayi adalah
.......
a. genetika d. patologi
b. sitologi e. sanitasi
c. embriologi
7. Pasangan yang tidak cocok antara cabang biologi dan obyeknya adalah…
Cabang biologi
|
Obyek biologi
|
|
a.
|
Histologi
|
Jaringan
|
b.
|
Mikologi
|
Jamur
|
c.
|
Sitologi
|
Struktur tubuh
|
d.
|
Patologi
|
Penyakit
|
e.
|
Mikrobiologi
|
Mikroorganisme
|
8. Dalam
penyelidikan kasus bayi tertukar, seorang ahli biologi sering dilibatkan untuk mengungkap kasus ini. Hal ini menunjukkan
bahwa biologi berkaitan dengan bidang...
a. hukum dan kedokteran
b. kimia dan sejarah
c. hukum dan kimia
d. kimia dan sejarah
e. kesehatan dan kimia
9. IPTEK sangat mendukung perkembangan ilmu biologi. Berikut ini mana yang merupakan
produk perkembangan biologi akibat adanya IPTEK di bidang kedokteran…
a. Komputer dan USG
b. Komputer dan cangkok jantung
c. Kultur jaringan dan tes DNA
d.
Tes DNA dan rekayasa genetik
e.
Tes DNA dan USG
10. Berikut
adalah barang yang dijumpai pada
sebuah supermaket:
1. kain sutera.
2. ember plastik.
3. kain nilon.
4. nata de coco
5. minyak sawit.
Barang yang merupakan hasil penerapan
biologi di bidang industri adalah ...
a. 1, 2 dan 3. d. 1, 4 dan 5
b. 1, 2 dan 4. e. 2, 3 dan 5
c. 2, 4 dan 5.
11. Perhatikan
pernyataan berikut ini !
1. sebagai ilmu dasar yang mendasari
perkembangan ilmu yang lain.
2. membantu mengenal lingkungan
3. membantu menemukan sumber makanan
baru
4. membantu memecahkan masalah lingkungan.
Yang merupakan manfaat biologi bagi
kehidupan manusia adalah...
a.
3 dan
4 d. 2, 3 dan 4
b.
1, 2
dan 3 e. 1, 2, 3 dan 4
c.
1, 3
dan 4
12.Tumbuhan putri
malu ( Mimosa pudica ) yang kita
sentuh akan segera mengatupkan daunnya. Hal ini menunjukkan salah satu ciri
makhluk hidup yaitu...
- adaptasi d. reproduksi
- iritabilitas e. sirkulasi
- nutrisi
13. Berikut ini
yang merupakan tingkatan organisasi dalam kehidupan adalah...
- populasi, komunitas dan planet
- plantae, animalia dan bakteri
- organisme, ekosistem dan bioma
- molekul, jaringan dan protozoa
- bioma, komunitas dan animalia
14. Berikut ini
adalah komponen organisasi kehidupan.
- komunitas
- populasi
- ekosistem
- organisme
- bioma
Urutan tingkatan organisasi kehidupan dari
yang paling rendah adalah...
- 1 – 2 – 3 – 4 – 5
- 2 – 3 – 4 – 1 – 5
- 4 – 1 – 3 – 2 – 5
- 4 – 2 – 1 – 3 – 5
- 2 – 4 – 1 – 3 – 5
15. Perhatikan
gambar berikut !
Gambar diatas menunjukkan hierarki kehidupan pada tingkatan...
a.
organisme
b.
populasi
c.
komunitas
d.
ekosistem
e.
bioma
16.Manakah yang
merupakan contoh obyek biologi pada tingkat molekul, sel dan jaringan ?
a.
C6H12O6,
mitokondria, otot
b.
H2O,
membran sel, darah
c.
PO4,
mitokondria, saraf
d.
NaCl,
lisosom, otot
e.
H2SO4,
darah, otot
17. Pernyataan
berikut ini yang tidak benar tentang
tingkat organisasi kehidupan adalah...
- jaringan merupakan kumpulan sel yang
sejenis.
- organ merupakan kumpulan beberapa
jaringan.
- sistem organ merupakan kumpulan
berbagai organ
- populasi merupakan kumpulan organisme
berbagai jenis
- komunitas merupakan kumpulan
organisme berbagai jenis
18. Kelompok
organ-organ berikut ini yang membentuk
sistem pernafasan adalah...
- kerongkongan, trakea, paru-paru dan alveolus
- tenggorokan, trakea, bronkus dan paru-paru
- mulut, kerongkongan, lambung dan usus
halus
- hidung, kerongkongan, paru-paru dan
alveolus
- tenggorokan, lambung, trakea dan
paru-paru
19. Untuk
mengobati kanker kulit, radang paru-paru dan gagal ginjal, kita harus mempelajari
organisasi kehidupan pada tingkatan...
- organ d.
jaringan
- molekul e. sistem organ
- sel
20. Perhatikan
beberapa contoh penyakit berikut ini !
1.
disentri
2.
bronkitis
3.
diare
4.
stroke
5.
tifus
Penyakit yang
mengganggu sistem pencernaan makanan adalah...
a.
1, 2
dan 4 d. 2, 3 dan 5
b.
1, 3
dan 5 e. 3, 4 dan 5
c.
2, 3
dan 4
21. Perhatikan langkah - langkah metode ilmiah berikut !
1.
Merumuskan masalah.
2.
Melakukan eksperimen.
3.
Menyusun hipotesis.
4.
Mempublikasikan hasil penelitian.
5.
Merencanakan eksperimen.
6.
Menarik kesimpulan.
Urutan langkah metode ilmiah yang benar adalah…
- 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
- 2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5
- 3 – 1 – 2 – 5 – 4 – 6
- 1 – 3 – 5 – 2 – 6 – 4
- 4 – 5 – 2 – 1 – 3 – 6
22. Jawaban terhadap pertanyaan
atau masalah penelitian yang didasarkan padakajian teori disebut…
a.
hipotesis d.
variabel
b.
kesimpulan e.
eksperimen
c.
observasi
23. Seorang siswa melakukan
penelitian tentang pengaruh suhu terhadap kecepatan perkecambahan kacang hijau.
Langkah yang ditempuhnya ini dalam
ilmu pengetahuan disebut…
a.
observasi d.
eksperimen
b.
hipotesis e.
kesimpulan
c.
analisa
Untuk menjawab pertanyaan nomor
24 –28 perhatikan wacana berikut !
Seorang petani ingin meneliti
tentang pengaruh pemberian pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman
jagung dengan mengukur tinggi tanaman.
Petani menanam tanaman dalam 4 petak sawah
Kelompok I : tidak diberi pupuk.
Kelompok II
: diberi pupuk 1 kg
Kelompok III : diberi
pupuk 2 kg
Kelompok IV : diberi pupuk
3 kg
24. Rumusan masalah yang tepat dari penelitian diatas adalah...
a. Mengapa tanaman jagung diberi pupuk fosfat
?
b. Apakah pengaruh pemberian pupuk fosfat
terhadap panjang daun tanaman jagung ?
c. Siapa yang memberikan pupuk fosfat pada
tanaman jagung ?
d. Berapa kilo pupuk fosfat yang diberikan
pada tanaman jagung ?
e. Apakah pemberian pupuk fosfat mempengaruhi
tinggi tanaman jagung ?
25. Variabel bebas dalam penelitian diatas adalah..
a. jenis jagung
b. tinggi tanaman jagung
c. luas petak tanah
d. banyaknya pupuk fosfat
e. jumlah jagung yang ditanam
26. Variabel terikat dalam penelitian diatas adalah...
a. jenis jagung
b. tinggi tanaman jagung jagung
c. luas petak tanah
d. banyaknya pupuk fosfat
e. jumlah jagung yang ditanam
27. Variabel kontrol dalam penelitian diatas adalah...
a. jenis dan jumlah jagung yang ditanam
b. luas petak tanah
c. banyaknya pupuk fosfat tiap petak
d. jawaban A dan B benar
e. jawaban A dan C benar
28. Hipotesis alternatif dari penelitian
diatas adalah...
a. Pemberian pupuk fosfat mempengaruhi tinggi
tanaman jagung.
b. Pupuk fosfat tidak mempengaruhi tinggi tanaman jagung
c. Tanaman jagung terhambat pertumbu- hannya
jika diberi pupuk fosfat.
d. Tanaman jagung akan mati jika diberi pupuk
3 kg
e. Tanaman jagung yang tidak diberi pupuk
akan mati.
29. Perhatikan
tabel di bawah ini!
Berdasarkan data tabel tersebut dapat disimpulkan
bahwa pertumbuhan tercepat terjadi pada
hari ...
a. ke-2, tempat terang.
b. ke-3, tempat terang
c. ke-4, tempat terang
d. ke-5, tempat gelap
e. ke-6, tempat gelap
30.Berikut
ini yang bukan sikap ilmiah seorang
ilmuwan adalah...
a. jujur terhadap fakta
b. bertanggung jawab
c. disiplin dan tekun
d. melakukan penelitian untuk kepentingan sendiri
e. peduli terhadap lingkungan
31.Salah
satu ilmuwan yang mendorong penemuan virus adalah A. Meyer (1882). Permasalahan
yang mendorong A. Meyer melakukan penelitian adalah ....
a. Adanya tanaman tembakau yang terserang
penyakit mosaik sehingga merugikan petani
b. Apa penyebab penyakit mosaik tembakau ?
c. Apa ciri-ciri tanaman tembakau yang
terserang penyakit mosaik ?
d. Bagaimana cara mengobati tanaman yang
terserang mosaik ?
e. Penyakit mosaik tembakau akan menurunkan
kualitas tembakau
32. Seorang ilmuwan dari Amerika yang pertama kali berhasil mengisolasi dan mengkristalkan
virus mosaik padatanaman tembakau (TMV)
adalah...
a. Beijerinck d.
Stanley
b. Ivanosky e. Adolf Meyer
c. Louis Pasteur
33. Amatilah data dibawah ini !
1. Dapat
dikristalkan
2. Memiliki
sitoplasma
3. Parasit
obligat intraseluler
4. Prokariotik
5. Aseluler
Dari data diatas
yang merupakan ciri – ciri virus
adalah….
a. 1, 2 dan 3 d. 2, 3 dan 5
b. 1, 3 dan 5 e. 3, 4 dan 5
c. 2, 3 dan 4
34. Virus tidak
dapat hidup di alam bebas, melainkan
harus hidup secara parasit. Oleh karena
itu, untuk memelihara virus digunakan…
a. medium daging dan kaldu
b. medium agar – agar
c. medium kentang dan agar – agar
d. embrio ayam
e. medium air kelapa
35. Virus dapat
dianggap sebagai makhluk hidup, sebab virus...
a. hanya dapat hidup dalam sel – sel hidup
b. dapat dikristalkan
c. dapat menduplikasikan diri
d. kulitnya terdiri atas protein
e. tubuhnya terdiri atas DNA atau RNA
36. Dilihat
dari struktur tubuh yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk
...........
a. Uniseluler
b. Multiseluler
c. Sel sederhana
d. Ada yang uniseluler tetapi ada pula yang
multiseluler
e. Aseluler
37. Secara umum virus merupakan penyebab utama penyakit pada manusia, hewan, tumbuhan dan bakteri. Berdasarkan cara hidupnya,
virus tergolong organisme...
a. epifit d. parasit obligat
b.
autotrof e. parasit fakultatif
c.
saprofit
Untuk menjawab
soal nomor 38 dan 39 Perhatikan gambar bakteriofage
dibawah ini !
38. Bagian tubuh virus yang
digunakan untuk proses infeksi
(penetrasi) DNA ke dalam sel bakteri adalah…
a. 1 d.
4
b. 2 e.
5
c. 3
39. Bagian yang mengandung materi genetik ditunjukan oleh...
a. 1 d.
4
b. 2 e.
5
c. 3
40. Berikut ini adalah
tahapan daur litik pada perkembangbiakan
virus.
1.
Penetrasi.
2.
Eklifase
3.
Lisis
4.
Adsorpsi
5.
Perakitan
Urutan tahapan daur litik yang benar adalah…
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
b. 2 – 3 – 4 – 1 – 5
c. 4 – 1 – 2 – 5 – 3
d. 1 – 4 – 2 – 5 – 3
e. 5 – 4 – 3 – 2 – 1
41. Perhatikan gambar siklus
reproduksi virus dibawah ini. Tahap replikasi ditunjukan oleh nomor
................
a. 1 d. 4
b. 2 e 5
c. 3
42. Pada siklus lisogenik
terjadi fase penggabungan antara DNA
virus dan DNA bakteri membentuk….
a. profase d. bakteriofage
b. viral e. virion
c. profage
43. Kelompok penyakit berikut ini yang disebabkan oleh virus
adalah...
a. malaria, cacar dan difteri
b. rabies, kolera dan AIDS
c. DB, influenza dan tifus
d. AIDS, difteri dan
influenza
e. rabies, DB dan cacar
44. Berikut ini ádalah nama-nama virus:
1. ebola 4. tungro
2. NCD 5. TMV
3. CVPD 6. dengue
Kelompok virus yang menyebabkan penyakit pada tumbuhan adalah...
a. 1, 2 dan 3 d. 3, 4 dan 5
b. 1, 3 dan 6 e. 4, 5 dan 6
c. 2, 4 dan 6
45. HIV merupakan jenis
virus yang sangat membahayakan kesehatan manusia. Virus ini menyerang ......
a. Sistem saraf dan kulit
b. Sistem kekebalan tubuh
c. Sistem peredaran darah
d. Sistem peredaran darah dan pernapasan
e. Sistem pencernaan dan peredaran darah
KUNCI JAWABAN
BIOLOGI KELAS X
1. D 11. E 21. D 31.
B 41. C
2. C 12. B 22. A 32.
D 42. C
3. B 13. C 23. D 33.
B 43. E
4. E 14. D 24. E 34.
D 44. D
5. B 15. D 25. D 35.
E 45. B
6. C 16. E 26. B 36.
E
7. C 17. D 27. A 37.
D
8. A 18. B 28. A 38.
E
9. C 19. A 29. D 39.
A
10. D 20. B 30. D 40.
C