-->
Info Biologiku

Kumpulan Materi, Soal Biologi dan Perkembangan Sains semoga bermanfaat bagi pembaca

Minggu, Januari 08, 2017

Sistematika Tumbuhan

KLASIFIKASI LEGUMINOSAE DAN PENJELASANNYA


Sistematika Tumbuhan
Leguminosae adalah salah satu family dari ordo Rosales. Suku ini merupakan satu diantara suku terbesar (Leguminosae, Graminae, Orchidachae) yang termasuk tumbuhan biji tertutup (Angiospermae). Ciri khasnya adalah terdapatnya buah yang disebut buah polong, yaitu buah yang berasal dari 1 daun buah dengan atau tanpa sekat-sekat semu. Biji-biji terdapat pada kampuh perut, bila masak, kering, pecah, sehingga biji terlontar keluar, atau buah terputus-putus menjadi beerapa bagaian menurut sekat-sakat semunya. Di sisi lain ada juga yang buahnya berdaging dan tidak pernah pecah. Suku ini memecah menjadi 3 suku, hal tersebut dikarenakan besarnya suku ini. Family-familinya diantaranya adalah :

1.         Mimosaceae
Family Mimosaceae mempunyai sifat-sifat tertentu diantaranya adalah, bunga banci, aktinomorf, mempunyai kelopak yang berbilang 4-5 yang berlekatan dan mahkota terdiri atas daun-daun mahkota yang sama jumlahnya dan bebas satu sama lain, benang sari jumlahnya 2 kali jumlah daun mahkota atau banyak, tangkai sari bebas atau berlekatan. Bunga-bunga itu kebanyakan terangkai dalam bunga majemuk berbentuk bongkol yang seringkali tampak seperti satu bunga saja. Bakal buah menumpang, beruang satu, bakal biji dalam dalam 2 baris pada dinding buah. Buah merupakan buah polong yang bila masak menjadi kering dan terputus-putus menjadi beberpa bagaian. Biji dengan sedikit atau tanpa endosperm. Suku mencakup terna, semak, perdu, dan pohon-pohon, kadang berduri, daun majemuk menyirip ganda, jarang mempunyai susunan lain, dengan atau tidak dengan daun penumpu.
Contoh-contohnya adalah : Mimosa pudica, Calliandra brevipes, Entada phaseoloides, Leucaena glauca, dan lain-lain
(Gembong, 2007)

2.         Papilionaceae
Suku Papilionaceae memiliki sifat-sifat antara lain ; terna, semak, perdu, atau pohon dengan daun tunggal atau majemuk, bunga banci, zigomorf, kelopak berbilang 5, pada pangkal berlekatan, mahkota berbentuk kupu-kupu terdiri atas 5 daun mahkota dengan susunan yang khas, 1 paling besar disebut bendera (vexillum), 2 di samping disebut sayap (ala). 2 yang sempit berlekatan disebut lunas (carina). Benang sari biasanya berjumlah 10, berberkas 2, 1 bebas, yang 9 lainnya dengan tangkai sari yang berlekatan, kepala sari membuka dengan celah membujur. Buahnya berupa polong yang bila masak menjadi kering dan pecah, namun ada juga yang tidak pecah, melainkan terputus-putus dalam bagaian yang berisi 1 biji. Biji tanpa atau sedikit endosperm. Cadangan makanan untuk lembaga tersimpan di dalam daun lembaga.
            Anggota-anggota family Papilionaceae banyak yang merupakan penghasil komoditi yang berharga, merupakan bahan pangan dengan nilai gizi yang tinggi karena kandungannya yang berupa lemak, protein, dan vitamin-vitamin dalam bijinya. Selain itu ada juga uang digunakan sebagai pupuk hijau, karena bersimbiosis dengan bakteri-bakteri penambat udara, juga ada yang ditanam sebagai makanan ternak.
Contoh-contohnya anatara lain : Soja max, Arachis hypogel, Pisum sativum, Vicia faba, Clitoria ternatea, Centrosema pubescens, dan lain-lain.
(Gembong, 2007)    
3.         Caesalpniaceae
Anggota pada family ini semua hamper berupa perdu atau pohon, daun majemuk dan menyirip atau menyirip ganda. Bunganya mempunyai mahkota yang berbentuk kupu-kupu, tetapi ke-5 mahkota tersebut bebas. Bahkan ada juga yang mahkotanya kurang dari lima dan ada yang tidak punya mahkota. Buahnya polong yang jika masak menjadi kering dan pecah, atau berdaging dan tidak membuka, bersayap.biji endosperm tipis atau tanpa endosperm, lembaga besar.
Contoh-contohnya adalah : Caesalpinia pulcherima, Caesal sappan, Cassia siamea, Cassia javanica, Saraca indica, Dialium indium, dan masih banyak lagi yang lainnya.
(Gembong, 2007)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sistematika Tumbuhan