-->
Info Biologiku

Kumpulan Materi, Soal Biologi dan Perkembangan Sains semoga bermanfaat bagi pembaca

Jumat, Maret 10, 2017

Sistematika Vertebrata

Class Pisces

IKAN HIU DAN IKAN PARI
Ikan merupakan fauna yang memiliki keanekaragaman yang tinggi. Secara morfologi sangat terlihat variasi-variasi khas pada setiap spesies yang dapat dijadikan dasar klasifikasi. Salah satu contohnya tulang penyusun kerangka tubuh pada ikan, terdapat ikan yang kerangkanya tersusun atas tulang sejati atau tulang keras dan tulang rawan. Pengklasifikasian ikan berdasarkan ciri tersebut terjadi pada tingkatan kelas, yaitu yang yang memiliki kerangka dari tulang sejati termasuk dalam kelas Osteichtyes sedangkan ikan yang memiliki kerangka dari tulang rawan termasuk dalam kelas Chondrichthyes.

Ikan Hiu dan ikan Pari termasuk dalam kelas Chondrichthyes, yang secara umum memiliki ciri-ciri: mulut yang berahang kuat terletak di bagian bawah tubuh, celah insang berjumlah lima, meskipun ada yang berjumlah tiga, enam, atau tujuh celah insang. Kulit ulet dan kasar bergigi karena adanya sisik gelakoid, adanya sepasang pendekep (clasper) pada hewan jantan yang berfungsi untuk menyalurkan sperma ke kloaka betina, usus pendek dan lebar berisi membran ulir untuk menyerap makanan lebih lama, fertilisasi terjadi secara internal, bersifat ovipar, yaitu mengeluarkan telur hasil fertilisasi, atau ovovivipar yaitu membawa telur hasil fertilisasi di dalam saluran telur selama perkembangannya hingga menetas.

A.    Ikan Hiu
1.                  Klasifikasi


class piscesKingdom         : Animalia   
Filum               : Chordata
Sub Filum        : Vertebrata
Super class      : Pisces
Class                : Chondrichthyes
Sub class         : Elasmobranchii
Superordo       : Selachimorpha
                         Ordo                : Carcharhiniformes
Heterodontiformes
Hexanchiformes
Lamniformes
Orectolobiformes
Pristiophoriformes
Squaliformes

2.                  Morfologi
Ikan Hiu memiliki kerangka yang tersusun atas tulang rawan dan jaringan ikat. Karena tersusun atas tulang rawan, maka gerakannya fleksible. Bagian-bagian tubuh secara umum:

Tubuh ikan Hiu dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu kepala., badan dan ekor. Pada bagian kepala terdapat indra penglihatan yaitu mata yang mirip mata lain vertebrata, yaitu adanya lensa, kornea dan retina, penglihatan mereka dengan disesuaikan dengan lingkungan laut dengan bantuan sebuah jaringan yang disebut tapetum lucidum. This means that sharks can contract and dilate their pupils , like humans, something no teleost fish can do. Indra penciuman tajam, respirasi melalui insang. Terdapat 5-7 pasang celah insang di samping tubuh. Pada bagian badan terdapat sirip dorsal dan pectoral, sedangkan pada bagian ekor terdapat sirip pelviks, sirip anal, sirip prekaudal, dan kaudal.  Hiu mempunyai ekor yang sangat khas. The tails ( caudal fins ) of sharks vary considerably between species and are adapted to the lifestyle of the shark.Ekor (sirip caudal) hiu sangat bervariasi antara spesies dan disesuaikan dengan gaya hidup ikan hiu. The tail provides thrust and so speed and acceleration are dependent on tail shape. Ekor menyediakan dorong dan begitu kecepatan dan percepatan bergantung pada bentuk ekor. Different tail shapes have evolved in sharks adapted for different environments. Bentuk ekor yang berbeda telah berkembang dalam hiu disesuaikan untuk berbagai lingkungan.Selain itu terdapat clasper pada ikan Hiu jantan sebagai organ reproduksinya.

3. Reproduksi

.Hiu melakukan pembuahan secara internal. The posterior part of a male shark's pelvic fins are modified into a pair of intromittent organs called claspers , analogous to a mammalian penis , of which one is used to deliver sperm into the female. [ 33 ]Bagian posterior dari ikan hiu jantan  dimodifikasi menjadi sepasang organ reproduksi disebut claspers, analog dengan penis mamalia, yang mana akan digunakan untuk menyampaikan sperma ke betina. Pada waktu fertilisasi, dua spesies ikan hiu berenang sejajar satu sama lain sementara ikan jantan  menyisipkan clasper ke oviduk betina. Hiu dapat bereproduksi secara vivipar, ovipar atau ovovivipar, tergantung pada jenis ikan Hiu itu sendiri.

Kebanyakan ikan hiu ovovivipar, ini berarti bahwa kuning telur dan cairan yang disekresikan oleh kelenjar di dinding oviduk memelihara embrio. The eggs hatch within the oviduct, and the young continue to be nourished by the remnants of the yolk and the oviduct's fluids.Telur menetas di dalam saluran telur, dan terus dipelihara oleh sisa-sisa kuning telur . Beberapa hiu bertelur, ini disebut ovipar. In most of these species, the developing embryo is protected by an egg case with the consistency of leather.Pada sebagian besar spesies, embrio berkembang dilindungi oleh telur.Ikan Ikanacdf Ikan hiu yang bertelur misalnya hiu tanduk, dan swellshark Selain itu ada pula hiu yang vivipar misalnya hiu biru.

4. Peredaran Darah

Sistem sirkulasi atau peredaran darah pada ikan Hiu dimulai ketika darah hiu mengalir ke dua bilik jantung. Here the shark pumps blood to its gills via the ventral aorta artery where it branches off into afferent brachial arteries . Di sini darah dipompa ke insang melalui aorta ventral arteri di mana cabang dari ke aferen brakialis arteri. Reoxygenation takes place in the gills and the reoxygenated blood flows into the efferent brachial arteries, which come together to form the dorsal aorta . Reoxygenation terjadi di insang dan darah mengalir ke eferen brakialis arteri, yang datang bersama untuk membentuk dorsal aorta. The blood flows from the dorsal aorta throughout the body. Darah mengalir dari aorta dorsalis seluruh tubuh. Darah dari tubuh kemudian mengalir melalui posterior vena kardinal dan memasuki posterior sinus kardinal. From there blood enters the heart ventricle and the cycle repeats. [ 20 ] Dari sana darah memasuki jantung ventrikel dan siklus berulang.

5. Respiration Respirasi

Like other fish, sharks extract oxygen from seawater as it passes over their gills .Seperti ikan lain, hiu mengekstrak oksigen dari air laut karena mereka melewati insang. Unlike other fish, shark gill slits are not covered, but lie in a row behind the head. Tidak seperti ikan lainnya, ikan hiu celah insang tidak tercakup, tetapi terletak pada satu baris di belakang kepala. A modified slit called a spiracle lies just behind the eye ; the spiracle assists water intake during respiration and plays a major role in bottom dwelling sharks. Sebuah diubah celah yang disebut ventilator terletak tepat di belakang mata; yang membantu asupan selama respirasi dan memainkan peran utama ketika hiu berada di kedalaman. Spiracles are reduced or missing in active pelagic sharks. [ 11 ] While the shark is moving, water passes through the mouth and over the gills in a process known as " ram ventilation ". Spiracles berkurang atau hilang. Sementara hiu bergerak, air mengalir melalui mulut dan melalui insang dalam proses yang dikenal sebagai "ventilasi ram". While at rest, most sharks pump water over their gills to ensure a constant supply of oxygenated water. Sementara pada saat istirahat, kebanyakan hiu pompa air ke insang mereka untuk menjamin pasokan konstan air oksigen. A small number of species have lost the ability to pump water through their gills and must swim without rest. Sejumlah kecil spesies telah kehilangan kemampuan untuk memompa air melalui insang dan harus berenang tanpa istirahat.
6. Distribusi dan habitat
Sharks are found in all seas.Hiu yang ditemukan di semua lautan. They generally do not live in freshwater, with a few exceptions such as the bull shark and the river shark which can swim both in seawater and freshwater. Mereka umumnya tidak tinggal di air tawar, dengan beberapa pengecualian seperti banteng hiu dan hiu sungai yang dapat berenang baik di air laut dan air tawar. Sharks are common down to depths of 2,000 metres (7,000 ft), and some live even deeper, but they are almost entirely absent below 3,000 metres (10,000 ft). Hiu umum ke kedalaman 2.000 meter (7.000 kaki), dan beberapa bahkan hidup lebih dalam, tetapi mereka hampir seluruhnya absen di bawah 3.000 meter.
B.Ikan Pari
1. Klasifikasi
Kingdom         : Animalia   
Filum               : Chordata
Sub Filum        : Vertebrata
Super class      : Pisces
Class                : Chondrichthyes
Sub class         : Elasmobranchii
Superordo       : Euselachii
Ordo                : Hypotremata

Contoh spesies: Rhinobatos typus, Rhina ancylostoma), Rhynchobatus djiddensis), Aptychotrema sp, Aptychotremata sp,  (Urolophus westraliensis), Narcine sp, Dasyatis annolatus, Dasyatis kuhlii, Dasyatis thetidis, Gymnura australis. famille Urotrygonidae (non reconnu par ITIS )The deepest confirmed report of a shark is a Portuguese dogfish at 3,700 metres (12,000 ft). [ 51 ]


2. Morfologi
Ikan pari termasuk dalam sub kelas Elasmobranchii, yaitu ikan yang bertulang rawan. Ikan ini mempunyai bentuk tubuh pipih melebar dimana sepasang sirip dada (pectoral, fins)-nya melebar dan menyatu dengan sisi kiri-kanan kepalanya, sehingga tampak atas atau bawahnya terlihat bundar atau oval.
Ikan ini umumnya mempunyai ekor yang sangat  memanjang menyerupai pecut. Pada beberapa spesies, ekor ikan dilengkapi duri penyengat sehingga disebut 'sting-rays', contohnya: Dasyatis sp.
Mata ikan umumnya terletak di kepala bagian samping. Posisi dan bentuk mulutnya adalah terminal (terminal mouth) dan umumnya bersifat predator. Ikan ini bernapas melalui celah insang (gill openings atau gill slits) yang berjumlah 5-6 pasang. Posisi celah insang adalah dekat mulut di bagian bawah (ventral).
3. Reproduksi
Pada musim kawin, sejumlah ikan Pari akan berkumpul untuk mencari pasangan kawin. Beberapa ikan jantan dapat bersaing untuk mendapatkan ikan betina sebagai pasangannya. Ikan Pari jantan yang berhasil mendapatkan ikan betina akan berpegangan pada sirip pasangannya menggunakan giginya dan merapatkan perutnya, lalu memulai perkawinan dengan cara memasukkan alat kelaminnya yaitu clasper ke dalam lubang kelamin betina.
Ikan Pari sebagian besar adalah ovovivipar di mana telur menetas saat masih berada di dalam tubuh induknya. Misalnya pada ikan Pari matan betina bisa membawa 2 bayi manta sekaligus dalam tubuhnya. Periode "kehamilan" manta sendiri belum diketahui secara pasti, namun kemungkinan bisa berlangsung antara 9-12 bulan. Bayi manta yang baru menetas lalu keluar dari tubuh induknya dengan kondisi sirip yang masih terlipat. Bayi manta mulai aktif segera setelah ia mengembangkan siripnya dan bisa langsung mulai berenang.

4.      Distribusi
Ikan pari (famili Dasyatidae) mempunyai variasi habitat yang sangat luas. Daerah sebaran ikan pari adalah perairan pantai dan kadang masuk ke daerah pasang surut. Ikan pari biasa ditemukan di perairan laut tropis. Di perairan tropis Asia Tenggara (Thailand; Indonesia; Papua Nugini) dan Amerika Selatan (Sungai Amazon), sejumlah spesies ikan pari bermigrasi dari perairan laut ke perairan tawar.
Di perairan laut, ikan pari mempunyai peran ekologis yang sangat penting, terutama sebagai predator bentos.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sistematika Vertebrata